Tipologi Kantor Swasta & Analisisnya

I.               Pendahuluan

Latar Belakang

Perkantoran merupakan sebuah ruangan atau bangunan tempat runtunan kegiatan tatausaha terlaksana untuk memulai, membenahi, mengembangkan, dan mengawasi kegiatan usaha. Secara umum kantor merupakan sebuah wadah untuk menjalani sebuah usaha atau pekerjaan. Perkantoran pada umumnya mempunyai ruang besar untuk menampung para pekerja dengan masa banyak. Tujuan utama dari lingkungan perkantoran adalah untuk mendukung pengguna dalam pelaksanaan pekerjaan dengan biaya serendah mungkin dan tingkat kepuasan setinggi mungkin.

Secara umum, kantor dapat dibagi menjadi dua macam yaitu Perkantoran Negri, perkantoran yang dikelola pihak Negara baik bersifat BUMN maupun administrasi negara. Lalu ada Perkantoran Swasta, perkantoran yang dikelola oleh pribadi / kelompok ataupun perusahaan yang menaungi berbagai macam bidang non pemerintah. Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas tentang Perkantoran swasta.

Definisi

            Menurut Drs. Kamisa, kantor berarti bangunan yang dipakai untuk bekerja yang berkenaan dengan urusan administrasi. Menurut Erns Neufert, bahwa didalam bangunan perkantoran pekerjaan utamanya adalah dalam kegiatan penanganan informasi dan kegiatan pembuatan maupun pengambilan keputusan berdasarkan informasi tersebut. Jadi perkantoran adalah bangunan yang digunakan untuk pekerjaan administrasi dan manajerial.
Umumnya pemakai ruang kerja perkantoran tidak perlu berpindah-pindah, karena telah dilengkapi dengan ruang untuk mesin-mesin, kantin, ruang rapat, arsip, perpustakaan dan aktivitas penunjang lainnya.
Perkantoran umumnya dapat dirancang dengan menciptakan hubungan antar ruang yang tepat sesuai dengan bagian-bagian pengorganisasian. Dapat pula mengurangi jarak capai antar ruang vertikal maupun horizontal. Begitu juga dalam upaya visual antar bagian dengan menciptakan hubungan yang akrab. Bentuk bangunan lainnya dapat pula digunakan untuk memperjelas keadaan ini, yakni dengan menata bagian-bagian komponen bebas, misalnya perabot, secara maksimal.

Kebutuhan ruang kantor dapat dihitung dengan menggunakan dua cara bersamaan, yakni:

1)   Ruang gerak orang (misalnya standar ruang perorangan x jumlah orang) + ruang tambahan untuk sarana penunjang + faktor (biasanya 15 %) untuk sirkulasi utama; ruang bebas untuk bukan orang, misalnya untuk ruang mesin, perpustakaan, dimana lebih tergantung pada banyaknya peralatan dibandingkan jumlah orang yang membutuhkan ruang kerjanya, sehingga untuk menghitungnya dapat digunakan dasar pemikiran praktis dari benda-benda tersebut;
2)    Memperbandingkan contoh-contoh yang ada, kemudian suatu faktor ditambahkan untuk sirkulasi yang ada.Untuk menyiapkan denah ruang yang tumpang tindih, misalnya menghubungkan satu departemen dengan departemen yang lainnya dalam suatu bangunan yang sudah ada, atau bahkan untuk menyusun komposisi pada bangunan kantor yang baru; maka perlu dipelajari hubungan kerja antar bagian dari perusahaan tersebut atau jika perlu diadakan penelitian yang lebih rinci.

II.              Pembahasan

Gedung Perkantoran Green Office Park 6 BSD City

Arsitek             : Arga Calista Disain

Fabrikator       : Surya Rasa Lokal Jaya
Distributor       : Jofbfiltraco Semesta

Green Office Park 6 merupakan lot nomor 6 seluas 1,2 Ha, berada di kawasan Gren Office Park BSD City. Gedung perkantoran terbaru ini menjadi bagian dari kawasan BSD Green Office Park, distrik pertama di Indonesia yang mendapat sertifikasi “Gold” Green district dariBCA (Building Construction Authority) – Singapore.  Ditunjang dengan berbagai fasilitas yang komplit seperti adanya The Breeze BSD City, Teraskota, Eka Hospital,  Prasetya Mulya Business School, Swiss German University, Wisma BCA, hingga Aeon Mall BSD City dan Indonesia International Expo & Convention Centre (IIECC). Kemudahan akses transportasi, membuat BSD GOP 6 menjadi pilihan terbaik untuk area perkantoran dengan “Green Konsep”. Gedung BSD GOP 6 ini juga sudah mendapatkan sertifikasi Gold Greenship dari Green Building Council Indonesia (GBCI)

Pembangunan gedung perkantoran BSD GOP 6 mengacu akan pentingnya pelestarian lingkungan yang selalu menjadi komitmen Sinar Mas Land yang menjanjikan perpaduan aspek ramah lingkungan dengan suasana hijau nan alami dalam sebuah kawasan terbaik di selatan Jakarta. BSD GOP 6 juga berada di lokasi yang strategis dan multi akses, karena disokong dengan sudah beroperasinya jalan tol JORR West 2 ruas Ciledug-Ulujami yang membuat akses lebih banyak, lebih mudah dan lebih cepat ke BSD City.

Konsep Green District

Proyek BSD GOP 6 ini akan mengacu pada konsep Green District sebagai usaha Sinar Mas Land untuk memenuhi komitmen dalam pelestarian lingkungan. Hal ini berarti semua bangunan akan dibangun dengan konsep lowrise, memiliki Koefisien Dasar Bangunan (KDB) 25%-35%, serta memiliki fasilitas pengelolaan air dan sampah sesuai dengan standard dari Green district. Dalam kawasan BSD GOP  ini terdapat 9 gedung perkantoran dan sebuah Mall khusus Food and Beverages (F/B Mall) yang memiliki fitur– fitur Green, yakni Microclimate Optimization, Green Transport and Integrated Parking, serta Sustainable Management Practice.

Fitur – fitur Green tersebut diaplikasikan semaksimal mungkin di BSD GOP 6. Gedung perkantoran ini dibangun akan memperhitungkan arah mata ocial utara dan selatan untuk mengurangi panas matahari, memanfaatkan ventilasi sirkulasi udara dan pencahayaan alami serta menggunakan dinding ocialp hijau yang tentunya ramah lingkungan.

Di dalam kawasan BSD GOP 6 tersedia jalur sepeda dan jalur pejalan kaki yang terlindung di sepanjang jalan utama, fasilitas ocial sepeda dan shower room, shuttle bus listrik yang khusus berada dalam distrik, serta lahan ocial yang terintegrasi.

Sustainable Development Practice

BSD Green Office Park 6 menawarkan fasilitas terbaik dengan fitur-fitur ramah lingkungan yang didukung oleh desain, konstruksi, pengelolaan serta pemeliharaan yang sustainable. Hal ini diwujudkan dalam bentuk konservasi ocial melalui efisiensi air, system pencahayaan yang hemat energy (menggunakan lampu LED), serta praktek daur ulang sampah dan limbah yang ramah lingkungan. Kawasan ini juga sangat memperhatikan arsitektur lansekap, serta pentingnya pelestarian ruang hijau

Penerapan Sustainable Development akan membuat umur bangunan semakin panjang dan memiliki daya tahan tinggi, serta biaya pemeliharaan dan operasional yang rendah. Pembangunan ini akan menghemat biaya dalam jangka waktu lama serta meningkatkan tanggung jawab  perusahaan terhadap lingkungan dan ocial. Kami yakin adanya pengaturan sirkulasi udara yang sehat serta lingkungan yang bersih dapat berimbas pada produktifitas kerja karyawan karena kesehatannya terjaga. Hal ini tentu dapat mempengaruhi kinerja perusahaan menjadi semakin meningkat.

Galaxy Soho, Beijing

Arsitek             : Zaha Hadid

Suatu kompleks ritel, kantor dan hiburan yang terdiri dari empat berstruktur kubah. Disatukan dengan jembatan dan platform  mengitari serangkaian ruang publik dan pusat besar seperti ngarai. Volume bangunan terlihat mengalir, menciptakan dunia internal yang kontinyu dengan ruang terbuka di dalam tempat bernama Galaxy Soho.

Bangunan spektakuler ini berada di jantung kota Beijing, Cina. Berlokasi di distrik bisnis ring-kedua di timur laut kota, bangunannya memukau dan dapat terlihat dari gang-gang sempit lingkungan sekitarnya yang padat penduduk. Zaha mengemukakan bahwa bangunan merespon dan menghormati tipologi sejarah bangunan Cina, yang erat denan dengan courtyard dan "gerakan fluida" antar ruang.

Denah Galaxy Soho

Siteplan Galaxy Soho





Sumber : 
1. http://www.ideaonline.co.id/iDEA2013/Kabar/Info-Properti/GALAXY-SOHO-Desain-yang-Merespon-dan-Hormati-Tipologi-Sejarah
2. http://www.zaha-hadid.com/architecture/galaxy-soho/
3.http://www.rumah.com/berita-properti/2015/5/95406/gedung-perkantoran-green-office-park-6-bsd-city-resmi-dibuka
4. http://www.sinarmasland.com/site/news-media/news-archive/bsd-gop-9-tawarkan-konsep-green-district

Komentar

Postingan Populer