Sejarah dan Tipe Bangunan Istana Topkapi, Turki


SEJARAH
Istana Topkapi terletak di selat Bosforus sebagai saksi kejayaan serta tragedi terbesar dalam sejarah Kesultanan Usmaniyah (Ottoman). Meski sekarang telah berubah fungsi menjadi sebuah museum, tetapi kurang dari satu abad lalu tempat ini merupakan kediaman Sultan, selir-selir serta para pelayan setianya.
Istana tersebut dibangun di Istanbul antara 1466 dan 1478 M atas perintah Sultan Mehmet II. Setelah menaklukkan kota tersebut pada tahun 1453, dia membutuhkan sebuah tempat yang layak untuk dihuninya. Topkapi didirikan di atas reruntuhan kuno para kaisar Bizantium. Hal ini guna menunjukkan kelanjutan dari kekuasaan dan kemuliaan negara. Menjelang akhir abad ke 15, istana ini menjadi tempat hunian utama para sultan. 
Dalam bahasa Turki, "Topkapi" berarti Gerbang Meriam. Nama tersebut diambil dari meriam-meriam besar yang ditampilkan di depan gerbang istana. Meriam inilah yang digunakan ketika merebut kota Istanbul yang dahulu dikenal sebagai Konstantinopel. 
TIPOLOGI
Istana Topkapi merupakan salah satu istana Ottoman yang paling terjaga keasliannya dan berada di lokasi tempat dimulainya permukiman di Istanbul. Kunjungilah area istana untuk mendapatkan wawasan mengenai sejarah kota Turki ini di masa Ottoman. Istana Topkapi yang didirikan di abad ke-15 diubah menjadi museum oleh Atatürk, pendiri Republik Turki, pada tahun 1924.
Meskipun istana ini adalah mimpi bagi pencinta sejarah, beberapa pengunjung datang ke sini hanya untuk melihat pemandangannya yang menghadap ke Tanduk Emas, pelabuhan alami di Istanbul, Selat Bosporus dan Laut Marmara.

Situs ini memiliki luas 173 ekar (70 hektar) dan dikelilingi oleh dinding sepanjang lebih dari 3 mil (5 Kilometer). Gerbang yang menjulang tinggi, halaman dengan deretan pohon dan bangunan klasik Turki, yang pernah menjadi kediaman sultan Ottoman dan pengikutnya. Istana ini berkembang dan berubah selama masa kekuasaan sultan penerus, masing-masing meninggalkan jejak peninggalannya pada istana ini. Situs ini juga dibagi menjadi 4 halaman, yaitu :

          
  Halaman pertama, Gereja Hagia-Irene yang digunakan sebagai gudang senjata yang dibangun orang Romawi. Kendati demikian, bangunan itu kini digunakan sebagai gedung teater. Selain difungsikan sebagai museum, istana ini juga dimanfaatkan buat pertunjukan opera setiap musim panas selama berlangsungnya Festival Internasional Istanbul. Serta bangunan layanan luar seperti Mint, Oven dan Rumah Sakit berada di sana.



Halaman keduadikelilingi tembok sepanjang lima kilometer dan empat taman yang rindang, juga dibangun berbagai bangunan pelengkap lainnya, seperti hareem section, paviliun, dapur, ruang pertemuan, dan barak militer.  Alun-Alun Divan (Square of Justice) yang menjadi tuan rumah bagi gedung administrasi benteng Kekaisaran. Halaman ini juga merupakan halaman upacara. Divan-ı Hümayun (Kubbealtı / Dewan Kekaisaran) dan Departemen Keuangan dari Divan-ı Hümayun terletak di halaman itu. Di belakang struktur dipan, ada Menara Kehakiman yang mewakili keadilan Sultan. Asrama Halberdiers dengan Tresses dan Pintu Masuk Harem juga terletak di halaman ini. Ada juga struktur Stable Privy di sisi yang sama di sekitar halaman dalam. Di sisi Marmara Courtyard of Justice, ada Dapur Istana dan bangunan layanan tambahan. Babüssaade (Gate of Felicity) di mana upacara koroner, pemakaman, dan festival diadakan di sisi utara Courtyard of Justice.


Halaman ketiga (Enderun - Istana Dalam) adalah bagian yang Istana dididik dan ditugaskan untuk jajaran tinggi Negara. Itu dibentuk oleh asrama dan struktur milik Sultan. Hall of Audience di mana Sultan menerima wazir dan duta besar, Perpustakaan Enderun yang dibangun oleh Sultan Ahmed III, Treasury of Enderun juga dikenal sebagai Conqueror's Pavilion, Privy Room (Chamber of Sultan) dan Masjid Aghas 'yang dibangun untuk Enderun aghas di pemerintahan Fatih adalah struktur penting dari halaman ini. Halaman ini dikelilingi oleh Ruang Besar dan Ruang Kecil, Bangsal Pasukan Ekspedisi, Bangsal Pantry, Bangsal Harta dan Bangsal Kamar Privy yang ditambahkan ke Kamar Privy pada abad ke-19.



Halaman Keempat , juga dikenal sebagai Sofa Imperial (Sofa-ı Hümâyûn), lebih dari tempat perlindungan pribadi paling dalam dari sultan dan keluarganya, dan terdiri dari sejumlah paviliun, kios, taman dan teras. Awalnya merupakan bagian dari Halaman Ketiga tetapi para sarjana baru telah mengidentifikasi itu sebagai lebih terpisah untuk lebih membedakannya.




Sumber :
  • https://en.wikipedia.org/wiki/Topkap%C4%B1_Palace
  • https://www.msn.com/id-id/travel/ideperjalanan/istana-topkapi-simbol-arsitektur-kejayaan-turki-utsmani/ar-BBBeczM?li=AAfuazm
  • http://topkapisarayi.gov.tr/en/content/fourth-court

Komentar

Postingan Populer